Otak Kecil - Dapat Meniru Cara Kerja Otak

Selasa, Maret 18, 2008

Komputer paling baik sepanjang masa adalah otak manusia, dan sekarang para ilmuwan telah mendesain sebuah mesin dengan ukuran beberapa molekul yang dapat meniru cara kerja otak. Sejauh ini alat tersebut dapat membawa 16 kali lipat operasi yang dapat dilakukan oleh transistor komputer. Ilmuwan mengatakan bahwa penemuan tersebut mungkin dapat melakukan 1000 kali lipat operasi yang biasa dilakukan oleh transistor.

Mesin ini bukan hanya menjadi dasar dari komputer yang hebat, namun juga dapat menjadi elemen penngontrol dari peralatan yang kompleks seperti microscopic doctor atau pabrik.

Alat tersebut dibuat dari campuran duroquinone. Molekul tersebut membentuk papan hexagonal dengan empat ujung yang saling terhubung, kata ilmuan Anirban Bandyopadhyay, seorang pakar kecerdasan artifisial dan ilmuan molekul elektronik di National Institute untuk Materials Science di Tsukuba, Jepang.

Duroquinone lebih kecil daripada nanometer atau sepermilyar dari satu meter. Ini membuatnya ratusan kali lebih kecil daripada gelombang cahaya.

Mesin ini terbuat dari molekul duroquinone. Satu molekul berada di tengah ring yang dibentuk dari 16 sisanya.

Ilmuwan mengoperasikan alat dengan mengalirkan listrik ke duroquinone. Molekul dan ke empat kerucut dapat berputar mengelilinginya dengan berbagai macam cara, tergantung dari kuat arus.

Dengan cara ini, gelombang pada pusat duroquinone dapat secara berkesinambungan mengirimkan instruksi berbeda untuk 16 duroquinone lainnya. Ilmuwan mengatakan bahwa desain ini diinspirasi dari sel otak, yang dapat berkembang seperti ranting pohon, setiap cabang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan sel otak lainnya.


[get this widget]

0 komentar: