Intel CPU+GPU di Tahun 2009

Selasa, Maret 18, 2008

Apabila anda bertanya - tanya apa yang tengah menyibukkan Intel, mereka ternyata sedang mengerjakan sebuah produk gabungan CPU/GPU yang sangat mirip dengan konsep Fusion yang digembar - gemborkan AMD. Berbasiskan arsitektur Nehalem, Intel akan mengeluarkan dua versi prosesor gabungan ini yaitu Havendale dan Auburndale.

Baik Havendale maupun Auburndale akan dikeluarkan di pertengahan tahun pertama 2009. Kedua produk ini akan mengkombinasikan dua buah core CPU bersama dengan sebuah sub-sistem grafis ter-integrasi yang berbasis G45. Kita tidak dapat menyebut sub-sistem grafis ini GPU karena tidak mendukung fitur - fitur API DX9 dan DX10.

Yang menarik dari desain produk Intel ini adalah fakta bahwa Havendale adalah sebuah CPU desktop dan Auburndale adalah CPU laptop. Keduanya memiliki dual channel memory controller yang terintegrasi, mendukung DDR3-1333, akan tetapi mereka tidak memiliki QuickPath, Auburndale hanya mendukung QuickPath apabila dihubungkan dengan NorthBridge dari platform Ibexpeak-m.

Socket kedua prosesor ini juga berbeda, Havendale akan dipasangkan di sebuah socket baru untuk platform desktop Intel baru LGA-1160 sedangkan Auburndale akan menggunakan socket mPGA-989 yang sama sekali baru. Havendale memiliki desain termal 75 watts sedangkan Auburndale memiliki desain termal 45/55 watt. Bandingkan dengan dual core Pentium pertama yang membutuhkan 130 watt tanpa memiliki kapabilitas grafis, Intel telah mengalami kemajuan pesat dalam segi penghematan energi.

Ibexpeak dan Ibexpeak-m akan dikenal sebagai platform desktop dan mobile Intel di tahun 2009. Ibexpeak kemungkinan besar akan diberi merk "5 series" (P5x, X5x) sedangkan IbexPeak-M akan menyandang merk Centrino.


[get this widget]

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow....!!!! Blh dunk mnta satu..

kan kmu pnya 100.....

wkekekekekeke


duwek tkan endi Luu2x