Alasan Sebenarnya Kita Memakai Linux

Selasa, Maret 18, 2008

Kita memberi tahu dunia bahwa kita memakai Linux karena Linux aman, atau gratis, dapat dimodifikasi, karena memiliki dukungan komunitas yang bagus... Semua itu hanyalah kebohongan marketing. Kita mengatakan semua itu kepada orang yang tidak memakai Linux karena mereka tidak akan mengerti alasan sebenarnya.

Kita memakai Linux karena menyenangkan!

Sangatlah menyenangkan untuk mengoprek - oprek sistem anda, mengubah semua konfigurasinya, merusak sistem, memasuki mode recovery untuk memperbaikinya. Sangat menyenangkan untuk memiliki pilihan sebanyak ratusan distribusi yang ada.

Tiga alasan utama mengapa Linux sangat mengasyikkan:

1. Linux memberikan anda kontrol penuh
Pernah mencoba menghentikan sebuah proses di Windows yang tidak diperbolehkan oleh Windows? Pernah mencoba menghapus sebuah file, tetapi dilarang walaupun anda memiliki hak administrator?
Linux memperbolehkan anda melakukan apapun. Ini adalah keuntungan besar, apabila anda masuk ke OS sebagai root, Linux berasumsi anda mengerti apa yang anda lakukan, memperbolehkan anda melakukan semuanya.


2. Linux tidak banyak dipakai
Hal ini adalah sebuah paradoks. Kita sering mengeluh Linux tidak lebih banyak dipakai. Akan tetapi ini adalah salah satu alasan kita menggunakan Linux. Fakta ini memberikan kita perasaan bahwa kita berada di komunitas yang istimewa, seperti "kita lebih baik dari orang - orang yang tidak berpengetahuan itu."
Apabila Linux lebih banyak dipakai, kita kemungkinan besar akan pindah ke OS lain lagi, atau berusaha untuk mengembangkan sebuah distro yang hanya akan kita pakai. Karena kita ingin merasa spesial.

3. Linux gratis (seperti perkataan)
Kita dapat mendapatkan source code untuk semua aplikasi kita. Apabila kita ingin mengetahui cara kerja sebuah komponen OS, kita bisa mempelajarinya. Hal ini memungkinkan kita untuk mengoprek sistem kita. Kita sangat senang mengoprek - oprek sistem kita.


[get this widget]

0 komentar: